Pages

Rabu, 13 Agustus 2014

Tips Membuat Strategi Promosi Pemasaran yang Manjur

Strategi promosi pemasaran menjadi fase terpenting ketika seseorang hendak memperkenalkan bisnis ataupun produk baru kepada calon konsumennya. Sebagaimana kita ketahui, pemasaran adalah bagian utama yang harus dilakukan dengan baik agar usaha atau produk yang dihadirkan bisa diterima baik oleh masyarakat. Sejumlah pebisnis mengalami kegagalan dalam mengarahkan konsumen agar tertarik pada produk usaha mereka karena ketidakmampuan mereka untuk menciptakan strategi jitu dalam kegiatan promosi usaha atau produk baru mereka.

Strategi Promosi Pemasaran yang Efektif
Banyak hal yang bisa dilakukan agar upaya promosi menghasilkan sesuatu yang diharapkan. Apa sebenarnya hasil akhir daristrategi promosi pemasaran yang dianggap berhasil? Pemasaran sendiri memiliki arti penyebaran informasi atau, pendeknya, pengenalan tentang produk tertentu kepada masyarakat (calon konsumen). Merujuk pada pengertian ini, maka hasil akhir daristrategi atau kegiatan promosi adalah respon positif dari konsumen terhadap apa yang diperkenalkan. Respon ini bisa berupa pembelian produk, atau bahkan pemasaran lanjutan yang dilakukan konsumen kepada calon konsumen lainnya yang belum mengenal produk/usaha yang ditawarkan.

Strategi pemasaran seperti apa yang harus diambil untuk mendapatkan respon positif tersebut? Berikut ini adalah contoh strategi promosi pemasaran yang bisa dicoba:
-               membuat pencitraan yang baik pada produk yang ditawarkan; misalnya dengan menonjolkan nilai lebihnya, keuntungan menggunakan produk tersebut dibanding produk lain, dll. Pelayanan yang baik pun bisa menjadi jalan menciptakan citra baik pada konsumen;
-               membuat kegiatan promosi yang menarik, misalnya dengan pembagian bonus/hadiah untuk sejumlah konsumen pertama, diskon menarik untuk pembelian dalam jumlah tertentu, atau bahkan mengadakan event tertentu,
-               memanfaatkan media sosial dan internet sebagai tempat pemasaran; karena audiens yang dijangkau bisa jauh lebih banyak dibanding promosi manual,
-               mengikuti pameran atau ekshibisi yang temanya sejalan dengan usaha/produk yang akan Anda pasarkan,
-               dsb.
Tips Menyusun Strategi Promosi Pemasaran
Sebelum membuat dan menentukan strategi promosi pemasaran apa yang akan diterapkan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan, agar pemasaran berjalan efektif dan menghasilkan output sesuai harapan:
-               menentukan STP (Segmentasi, Target, dan Positioning). Hal ini sangatlah penting, karena strategi untuk memasarkan sejumlah produk tidak bisa disamaratakan ketika target pasar, segmentasi, dan positioning-nya berbeda. Anda harus menentukan ketiganya dengan cermat agar pemasaran nantinya bisa benar-benar mencapai target dan kena sasaran,
-               melakukan riset pasar tentang potensi produk/usaha yang akan ditawarkan. Lakukan survey untuk mengetahui kemungkinan tanggapan masyarakat. Jika respon masih negatif; berarti ada yang harus diperbaiki pada produk yang Anda pasarkan,
-               mengenali konsumen dan memahami kebutuhan serta kecenderungan mereka terhadap produk-produk tertentu. Dengan informasi yang cukup tentang calon konsumen serta kebutuhannya, Anda bisa menyusun strategi promosi apa yang efektif untuk mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar